B' D E S I G  | b'smart, b'creative with us..!

B'GRAPHICS

b'smart, b'creative with us..!

NIRMANA ....FOTOGRAFI .

MENGGAMBAR ....TYPOGRAFI .

KOMPUTER GRAFIS.....DIGITAL IMAGING .

 
Hot News
Search
Chating


Join Now
Cool News
Pooling
Program grafis apa yang sering anda gunakan?
Corel Draw
Photoshop
Freehand
Ilustrator
  
Design School
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Others
Visitor


Creative Director = Ide Kreatif
Tuesday 13 May 2008
 http://img338.imageshack.us/img338/9454/creativelabsgreedypigs.jpg


Seorang creative director biasanya diposisikan pada perusahaan advertising, media ataupun di industri hiburan. Posisi ini mengharuskan individunya dapat memberikan pandangan desain branding pada suatu produk dalam bentuk promosi secara professional pada kliennya. Menciptakan branding yang sesuai dengan gambaran dan keinginan klien dan juga produk itu sendiri, juga menciptakan image yang diperlukan atas suatu produk juga menjadi tanggung jawab seorang creative director.

Aspek penting yang diperlukan adalah menterjemahkan keinginan klien melalui strategi komunikasi dan mengembangkan pendekatan secara kreatif yang dikombinasikan dalam sebuah strategi promosi. Selain itu ia juga bertanggung jawab untuk melaksanakan dan menstimulasi ide-ide kreatif dari siapapun yang masuk dalam tim kreatifnya. Biasanya dalam sebuah agen periklanan, timkreatif terdiri dari copywriters dan art directors. Sedangkan dalam sebuah perusahaan desain, teamworknya terdiri atas graphic designers dan computer programmers.

Tanggung jawab utamanya adalah pada hasil akhir dari sebuah pekerjaan kreatif. Karena itulah keberhasilan maupun kegagalan dari sebuah projek kreatif terletakdi tangannya. Tak hanya pujian yang bisa didapat namun juga segala kesalahan pun akan dibebankan padanya jika sebuah projek gagal.

Sedangkan kualifikasi untuk menjadi seorang creative director memang saat ini belum ada pedoman tertentu atas suatu latar belakang pendidikan yang perlu diambil. Namun sudah seharusnya mereka yang memegang posisi ini punya wawasan yang luas di bidang aspek teknis di dalam bidangnya, sehingga tak hanya di luar saja ia mengetahui namun lebih penting lagi adalah bagian dalam sebuah bidang yang didalaminya ataupun yang dibawahinya. 


Seorang creative directors yang sangat familiar dengan software grafik bisa dengan mudah menemukan sebuah strategi promosi dari sebuah brand yang tidak bisa 'dilihat' oleh pihak lain. Mudahnya meeka bisa menemukan pandangan lain dari sebuah strategi brand sehingga terlihat unik dan lain dari yang lain namun bisa memberikan sebuah 'statement' atas sebuah brand.

Sedangkan seorang creative director di bidang advertising biasanya merupakan hasil promosi dan keberhasilan dari seorang copywriter ataupun art director atau bisa juga seseorang yang punya kemampuan di kedua bidang tersebut ataupun dapat mengombinasikan kedua kemampuan tersebut. Sedangkan bagi creative directors yang cukup handal, kariernya bisa naik menjadi seorang executive creative director di mana pada posisi ini ia akan bertanggung jawab atas satu department secara keseluruhan, bisa juga dikenal dengan Chief Creative Officer. 


Sebagai seorang Creative Director, ia haruslah mampu tetap kreatif dan mempunyai pemikiran 'out of the box' sehingga tetap dapat stay creative dalam menemukan ide-ide baru yang mungkin sebenarnya sederhana namun inovatif dan mengena dengan tema advertising yang dimaksud juga sesuai dengan bujet yang dibuat.

Seorang Creative Director juga perlu punya kemampuan untuk menginspirasi para anak buahnya. Karena sebagai orang kratif bukan rahasia lagi, jika mereka adalah orang-orang yang punya karakter tersendiri, karena itulah seorang creative director tak hanya kreatif dalam mencari ide dan menuangkannya dalam sebuah karya namun juga harus 'kreatif' dalam menangani anak buahnya yang notabene adalah orang-orang kreatif juga yang punya karakter tersendiri.

Untuk menjadi seorang creative director memang bukan sebuah posisi dalam semalam, karena dia merupakan langkah dari seorang copywriter ataupun desainer grafis, karena itulah latar belakang komunikasi ataupun desain perlu dipunyai. Seperti misalnya seorang copywriter biasanya berlatar belakang sastra ataupun komunikasi. Namun untuk meraih posisi creative director adalah a later-in-career dari kumpulan pengalaman yang telah terbukti di lapangan. (CBN)

Labels: ,

posted by B'DESIG @ 5/13/2008 10:47:00 pm  
0 Comments:

Post a Comment

Thanks for your Comment...enjoyed!

<< Home
 
Jobs Online Free

Exhibition
About

Glay Video

Video Ads:Small Square (200x200)

glay video

Tell a Friend
Previous Post
Archives
Schedule
Links

B'PORTALS

B'4ROOM

B'DESIG

B'Music

B'Code

B'ASCii

B'4U

Shiawase Production

Dat..Dit..Dut..Det

GLAY STATION

GLAY on GRAY

Advertising
Map Satelite
Get Money

(AdSense referral text link)

Sponsored by

Best view with Fireworks

DOWNLOAD NOW

[Pasang Iklan Anda]

+/- 200 px

 

Your Ad Here

Copyright © B'DESIG 2010

All Rights Reserved