B' D E S I G  | b'smart, b'creative with us..!

B'GRAPHICS

b'smart, b'creative with us..!

NIRMANA ....FOTOGRAFI .

MENGGAMBAR ....TYPOGRAFI .

KOMPUTER GRAFIS.....DIGITAL IMAGING .

 
Hot News
Search
Chating


Join Now
Cool News
Pooling
Program grafis apa yang sering anda gunakan?
Corel Draw
Photoshop
Freehand
Ilustrator
  
Design School
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Others
Visitor


Art Director = Ide + Visual
Saturday 26 April 2008
 http://img163.imageshack.us/img163/7213/185309919v5480x480front.jpg


Posisi Art Director ini sebagaimana julukannya tentu diperuntukkan untuk mereka yang kreatif dan dapat menuangkan ide-ide yang kiranya terlihat sangat "mengawang" menjadi sesuatu yang berbentuk image yang lebih jelas. Secara garis besarnya sebaga art director ia bertugas untuk membuat konsep, apa yang diinginkan oleh klien dalam menjelaskan suatu konsep ataupun sebuah image dari suatu produk ataupun jasa layanan sehingga mengena ke pemirsanya, entah melalui media manapun. Bisa di media iklan, film ataupun dunia cetak. 
Secara padat seorang art director bertanggung jawab untuk menghasilkan sebuah tampilan visual secara penuh, dan bagaimana tampilan tersebut dapat mengomunikasikan pesan yang ingin disampaikannya. Karena itulah tak aneh jika seorang art director perlu melakukan research, membuat konsep yang sesuai dengan image yang akan ditampilkan, dan menjaga tampilan iklan (jika di bidang periklanan) menjadi sebuah tampilan yang menarik, catchy dan pesan yang ditampilkan dapat 'ditangkap' dengan baik oleh target. Mereka juga mengambil keputusan apakah suatu tampilan visual tersebut perlu menggunakan elemen lain atau tidak, misalnya saja dari segi tampilan artistik ataupun motion.

Karena bicara soal penuangan ke dalam tampilan visual, tentunya kesulitan yang didapat saat pengerjaan adalah bagaimana seorang art director menterjemahkan keinginan yang ada dalam pikiran klien ke dalam mood, pesan, konsep dan ide-ide yang belum tergali dengan sempurna, dalam bentuk figur-figur tertentu yang bisa membangkitkan rasa psikologis penerima pesan sesuai keinginan dari konsep itu sendiri.

Dalam dunia periklanan, pekerjaan art director ini ditandem dengan seorang copywriter, di mana copywriter bertanggung jawab dalam hal kontekstual ataupun content dari sebuah iklan yang akan ditampilkan sementara tentunya art director bertanggung jawab atas desain dan segi art-nya. Namun tentunya dalam prakteknya art director (meski dari namanya dia seorang director bukan tak mungkin ia tak harus membawahi sebuah departemen namun lebuh pada kerjasama dengan satu atau lebih copywriter) dan copywriter ini tidak secara kaku mengkotakkan posisi dan job descnya masing-masing. Dalam arti, bisa saja art director memberikan masukan ataupun mempengaruhi pada suatu putusan yang berkaitan atas konteks yang akan ditampilkan dan vice versa. Pastinya kedua posisi ini saling bekerjasama untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tim ini bekerjasama dengan proses mengumpulkan informasi sebanyak mungkin atas apa yang diinginkan oleh klien baik secara langsung ataupun melalui seorang account executive.

Bahkan di sebuah perusahaan periklanan yang kecil sekalipun, pekerjaan tim ini akan diawasi oleh beberapa orang, yaitu, creative director, senior media creative, dan chief creative director. Sedangkan dalam organisasi yang lebih besar, tim ini akan diawasi ataupun dibantu oleh tim yang terdiri dari junior desainer, image developer, production artist dan berkoordinasi dengan departemen produksi yang terkait.

namun jika berbicara di dunia industri perfilman, art director akan berhubungan langsung dengan production designer, berkolaborasi dengan set decorator dan set desainer, tentunya ini berkaitan dalam mencipakan setting yang sesuai dengan karakter adegan yang akan dimainkan. dalam bentukan besarnya mereka juga bertanggung jawab atas hal-hal yang berkaitan dengan aspek administrasi di art department. Misalnya saja memberikan tugas-tugas yang berkaitan dengan bujeting dan skeduling juga quality control secara keseluruhan dan juga berhubungan langsung dengan bagian konstruksi untuk pembuatan setting yang diinginkan.

Background pendidikan untuk posisi ini adalah desain grafis dan visual komunikasi (design komunikasi visual), pastinya semua yang ada hubungannya dengan desain akan menjadi pegangan yang kuat bagi mereka yang menginginkan posisi ini.Untuk kemampuan secara informal, seperti yang dibahas sebelumnya, orang yang punya ide brilian dan kreatif, kreatif, kreatif, kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk image visual pastinya bisa dengan mudah dan enjoy dengan pekerjaan ini.

Labels: ,

posted by B'DESIG @ 4/26/2008 08:11:00 pm  
0 Comments:

Post a Comment

Thanks for your Comment...enjoyed!

<< Home
 
Jobs Online Free

Exhibition
About

Glay Video

Video Ads:Small Square (200x200)

glay video

Tell a Friend
Previous Post
Archives
Schedule
Links

B'PORTALS

B'4ROOM

B'DESIG

B'Music

B'Code

B'ASCii

B'4U

Shiawase Production

Dat..Dit..Dut..Det

GLAY STATION

GLAY on GRAY

Advertising
Map Satelite
Get Money

(AdSense referral text link)

Sponsored by

Best view with Fireworks

DOWNLOAD NOW

[Pasang Iklan Anda]

+/- 200 px

 

Your Ad Here

Copyright © B'DESIG 2010

All Rights Reserved